Selasa, 27 November 2012

TUGAS II

TUGAS 2
Jelaskan apa yang di maksud dengan :
a.       Perangkat penting untuk mengakses internet :
-          Komputer
-          Modem
-          Saluran telepon
b.       Perangkat pendukung untuk akses internet :
-          Hub/Switch
-          Repeater
-          Bridge
-          Router
JAWABAN :

a.       Perangkat penting untuk mengakses internet yaitu :
·         Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet.Spesifikasi komputer yang di gunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
·         Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator.Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk di kirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya.Komputer yang melakukan koneksi dengan internet di hubungkan dengan saluran telepon melalui modem.
·         Line Telepon
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan di perlukan  untuk menghubungkan komputer dengan internet.
Pengguna saluran telepon ini juga diikuti dengan pengguna modem dialup.Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.


b. Perangkat pendukung untuk akses internet yaitu
·         Hub/Switch
Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa komputer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk semua komputer dalam jaringan. Hub dibedakan menjadi dua yaitu:aactive hub merupakan sebuah reapeter elektrik yang dilengkapi dengan 8 konektor yang berfungsi untuk membentuk sinyal digital yang dikirim dan menyesuaikan impedensinya untuk memelihara data sepanjang jalur yang dilaluinya,yang kedua adalah passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor yang berfungsi untuk menerima sinyal pada salah satu konektor dan meneruskannya pada tiga konektor lain.
·         Repeater
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya reapeter berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya .
·         Bridge
Bridge merupakan perangkat lunak menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain.
·         Router
Router merupakan perangkat yang berfungsi hampir sama dengan bridge.Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama,router juga bisa untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar